Belajarlah dari pengalaman hidup

Belajar dari pengalaman hidup memang sangat bermanfaat supaya kita bertindak hati-hati spuaya tidak jatuh dan mengulangi kesalahan yang sama. 

Pengalaman bisa menjadi cermin untuk melihat kembali kisah-kisah masa lalu, di mana kita pernah bahagia atau sebaliknya. 

Seseorang dapat melihat kembali berbagai keberhasilan, kesalahan, kebahagian dan hal-hal bodoh yang pernah dilakukan  di masa lalu.

sumber gambar: pixabay.com

Kisah-kisah masa lalu menjadi motivasi dan perbaikan supaya di masa depan bisa menjadi orang yang berhasil dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama. 

Istilah "jatuh dilubang yang sama" menunjukkan bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk mengulangi kesalahan yang sama. 

 Apa yang dimaksud pengalaman hidup?

Dalam setiap perjalanan hidup tentu semua orang mempunyai kisah-kisah tersendiri, terlepas kisah masa lalu tersebut kelam atau kisah masa lalu yang bahagia. Kisah-kisah tersebut memberikan warna-warni untuk memberikan keunikan tersendiri dari setiap perjalanan hidup.

Pengalaman hidup merupakan berbagai peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan seseorang yang melibatkan perasaan, pikiran, dan tindakan atau keputusan di sepanjang hidupnya. 

Hal ini tentu mencakup berbagai aspek, tetapi secara khusus sangat berhubungan dengan interaksi sosial atau berhubungan dengan sesamanya. 

Pengalaman hidup sebenarnya memiliki dampak positif apabila bisa di maknai dengan benar, tetapi tidak semua orang bisa memahaminya. 

Pengalaman tentu saja dapat membantu membentuk karakter dan kepribadian, mengubah pola pikir, bertindak ati-hati, menjadikan dewasa dan membawa kepada kebijaksanaan. 

Dengan kata lain, pengalaman hidup adalah kumpulan peristiwa dan situasi yang membentuk siapa kita dan bagaimana kita sekarang ini.

Bagaimana dengan pengalaman hidup anda? Semoga perjalanan itu menyenangkan dan membahagiakan, dan jangan sebaliknya.

Belajar dari pengalaman hidup

Tidak ada manusia yang sempurna di dalam dunia ini, sehingga selalu ada kemungkinan mereka melakukan kesalahan-kesalahan dan hal-hal bodoh dalam perjalanan hidupnya. 

Belajar dari pengalaman hidup dapat membuat seseorang menjadi dewasa, bijaksana, hati-hati dalam bertindak dan tidak menyakiti orang lain.

Ketidaksempurnaan itu menyebabkan banyak terjadi peristiwa-peristiwa yang mengecewakan dan juga menyakitkan. Ada orang yang suka melakukan hal-hal jahat, menyakiti orang lain, menggunakan narkoba, atau hal-hal bodoh lainnya.

Mereka menyadari dan tahu bahwa tindakan-tindakan yang dilakukan itu salah, namun ada sesuatu hal yang membuat mereka harus melakukan itu. Oleh sebab itu, siapapun anda dengan berbagai pengalaman hidup yang kelam dan bodoh, jangan mengulangi kesalahan yang sama. 

Mengapa pengalaman sangat penting?

Ada empat hal yang perlu dilakukan supaya kita tidak melakukan kesalahan yang sama, di antaranya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Masa lalu adalah pembelajaran

Masa lalu adalah sebuah pembelajaran yang baik, karena kita pernah berada pada masa-masa yang bahagia, masa-masa sulit atau pernah berada dalam kehancuran.

Disitulah kita dapat melihat kualitas dan kuantitas dari diri sendiri. Bagaimana ketika menghadapi masa-masa sulit, respon terhadap orang-orang yang menyakiti dan bangkit ketika mengalami kegagalan demi kegagalan.

Apabila video masa lalu tersebut diputar tentu ada hal hal yang membanggakan dan juga menyakitkan. Biarlah video pengalaman tersebut menjadi pembelajaran hidup sepanjang hayat, karena kita pernah berhasil melewati masa-masa itu.

2. Jangan hidup di masa lalu

Belajar dari pengalaman hidup memang sangat penting supaya seseorang dapat beranjak dan bangkit. Kata bangkit buka berarti  berdiam diri saja, tetapi ada kekuatan dan kegerakan untuk  untuk melanjutkan kehidupannya dengan penuh semangat.

Masih banyak perjalanan-perjalanan yang harus dilewati dan dihadapi, jika masih berada di masa lalu maka ia tidak akan pernah berhasil dan bangkit. Jika tidak mampu untuk bangkit maka tidak mungkin untuk menghadapi tantangan-tantangan hidup selanjutnya.

3. Hiduplah untuk masa depan

Pengalaman hidup adalah pembelajaran supaya kita tidak meratapi kegagalan dan kesalahan-kesalahan di masa lalu. Pengalaman tersebut sebagai tanda bahwa kita harus bangkit dan memulai lembaran baru, karena hidup kita bukanlah masa lalu tetapi di masa depan.

ketika seseorang mampu dan bangkit kembali, ia akan menjadi orang lebih hebat dari sebelumnya. Ia akan menjadi semakin bijak, lebih berhati-hati dan akan menjadi orang yang berhasil. 

Ingatlah bahwa keberhasilan terjadi karena ia belajar dari kesalahan-kesalahan di masa lalu dan bukan karena meratapi masa lalunya.

4. Kamu berhak untuk bahagia

Belajar dari pengalaman hidup sangat penting karena kamu harus hidup bahagia dan sukses. Segala bentuk kegagalan dimasa lalu adalah jalan yang akan mengantarkan Anda kepada kebahagiaan dan kesuksesan dimasa depan.

Jika Anda gagal dalam membangun asmara, gagal dalam pernikahan, gagal dalam karier dan gagal dalam bisnis, maka janganlah takut. Kegagalan-kegagalan tersebut akan menghantarkan dan membawa Anda kepada keberhasilan dan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Jangan menyerah dan menjadi terpuruk, tetapi bangkitlah wahai sang pemenang. Anda berhak untuk bahagia dan berhasil di masa depan.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url